Posted by: spidey | September 13, 2010

Open Shortest Path First (OSPF) Part 2

Pemilihan Designated Route (DR) & Backup Designated Router (BDR)

Designated Router (DR) adalah router yang akan mengirimkan update routing ke semua router yang berpartisipasi dalam proses OSPF

Backup Designated Router (BDR ) adalah router cadangan dari DR

DR dan BDR berfungsi sebagai pengontrol pengiriman update routing dalam satu segment network yang sama. Dalam satu segment network, satu router akan dipilih sebagai DR dan satu lagi sebagai BDR, BDR tidak melakukan apapun, kecuali DR mengalami kegagalan.

Proses yang dilakukan DR

  1. Pada saat terjadi perubahan pada salah satu network yang terhubung pada suatu router, maka router tersebut akan mengirimkan update kepada DR melalui address multicast 224.0.0.6.
  2. Kemudian DR akan mengirimkan update routing ke semua router yang berpartisipasi dalam proses OSPF melalui address multicast 224.0.0.5

Pemilihan DR dan BDR dipengaruhi oleh nilai router priority. Jika semua router field priority nya memiliki nilai yang sama, maka akan digunakan router-id untuk memilih DR dan BDR.

Apabila priority router sama maka yang digunakan untuk menentukan DR/BDR adalah router ID.

Pada tiap Network non broadcast (misalnya: Frame Relay) router yang menjadi DR adalah router yang memiliki link ke semua router yang lain (mutipoint).

Dalam network broadcast (misalnya: Ethernet), siapa yang jadi DR dan BDR kurang begitu penting, DR dan BDR akan begitu berpengaruh pada NBMA.

Dalam satu shared network yang terdiri dari beberapa router, router menjalin hubungan neighbor pada status full-state hanya dengan DR dan BDR, dengan router lain hanya sampai 2-way state.

DR dan BDR akan dipilih untuk setiap segment network, kecuali pada link point-to-point.

Jika terjadi DR & BDR mati maka router-router akan mengadakan pemilihan untuk menggantikan router yang mati tersebut.

Router ID

  • Router priority diset per interface nilainya 0-255
  • Perintahnya
    • Router (config-if)# IP OSPF priority [0-255]
  • Router mempunyai priority 0 tidak akan menjadi DR/BDR, statusnya DROTHER, semakin besar priority semakin besar kemungkinan dipilih menjadi BR (priority paling tinggi) dan BDR (kedua paling tinggi / slave)

Leave a comment

Categories